Test Potential Review Psikolog di Jogja

Konten [Buka]

Test Potential Review Psikolog adalah salah satu tes psikologi yang sangat bermanfaat dalam mengungkap potensi dasar pada setiap orang sehingga nantinya dapat menyesuaikannya dengan bidang pekerjaan. Manfaat tes potensial review sangat membantu pada seseorang yang sedang mencari pekerjaan yang sesuai. Begitu juga pada perusahaan dalam menempatkan karyawan atau pegawai sesuai dengan bidang yang sesuai potensi mereka. 

Manfaat Test Potential Review dan Biaya

Sebagaimana manfaat test potential review, begitu pula tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui potensi seseorang. Dengan diketahuinya potensi dasar dari seseorang maka dapat direncanakan bagaimana cara mengembangkan potensi tersebut. Terutama mengenai profesi atau jenis pekerjaan yang sesuai dengan hasil tes tersebut. Karena itulah tes potensial review cukup membantu individu dalam mencari atau menjalani pekerjaan yang sesuai dengan potensi sesungguhnya.

test potential review

Ada banyak orang ketika mencari lowongan atau telah menjalani sebuah profesi mengalami kesulitan bahkan kegagalan. Bisa saja hal ini disebabkan pada saat mencari atau menjalani profesi tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan potensi yang dipunyai. Mungkin pada saat gagal ketika melalui tes rekrutmen karyawan, sesungguhnya tidak disebabkan karena kemampuannya yang kurang. Tapi lebih dikarenakan potensi yang dimiliki tidak sesuai dengan yang kebutuhan calon tempat kerjanya. Padahal sesungguhnya pada hasil tes tersebut terlihat bahwa dia sebenarnya mempunyai potensi yang cukup menonjol pada bidang lain.

Dalam lingkungan pekerjaan juga tidak jarang ada tenaga kerja yang merasa sulit dalam menjalani bidang pekerjaannya saat itu. Namun ketika dilakukan test potential review sebenarnya memiliki potensi yang lebih baik dalam bidang yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa pada dasarnya tidak semua orang yang terlihat tidak bisa bekerja, kemungkinan karena berada di tempat yang tidak sesuai dengan potensi dasarnya.

Apa Manfaat Test Potential Review di Bidang Industri Organisasi?

Bisa dipastikan bahwa setiap industri organisasi tentu berharap mempunyai tenaga kerja yang mumpuni serta menguasai bidang kerjanya. Karena hal tersebut merupakan salah satu penentu kemajuan bisnis suatu perusahaan juga meningkatkan kinerja dari sebuah organisasi. Mengelola tenaga kerja pada sebuah industri organisasi dan perusahaan begitu penting untuk dijalankan secara serius dan berkelanjutan. Karena tenaga kerja yang dikelola dengan baik akan sangat bermanfaat untuk berbagai kepentingan. Dapat berupa mutasi, promosi dan pindah jabatan maupun terminasi, hingga berbagai kepentingan pengembangan lainnya terkait pengolahan SDM.

Selain dalam proses seleksi karyawan, manfaat serta tujuan dilakukannya Test Potential Review dalam bidang industri organisasi adalah untuk meninjau kembali berbagai potensi yang berkembang pada diri karyawan saat ini. Setiap karyawan yang telah bekerja selama beberapa tahun ke belakang tentu memperoleh proses pembelajaran yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Karena itu strength dan weakness yang dipunyai setiap pegawai saat ini juga menjadi berbeda. Disinilah manfaat dari melakukan Potential and Competency Review agar nantinya penempatan bisa disesuaikan kembali.

Test potensial review ini akan melihat secara menyeluruh potret tenaga kerja pada sebuah lingkungan industri dan oirganisasi. Ada banyak aspek dari tenaga kerja yang dapat dilihat antara lain kemampuan, kepribadian, pola kerja, dan sebagainya. Potential review yang dilakukan akan menghasilkan laporan yang mengetahui potensi diri masing-masing peserta. Dalam penyajiannya tes potensial review diberikan dalam bentuk tes tertulis, wawancara dan talents mapping yang dilakukan dalam bentuk tes psikologi.

Test tersebut dilakukan bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan alat tes psikologi yang valid serta reliable dengan didukung psikolog ber SIPP dari HIMPSI.

tes potensial review

Bagaimana Metode Tes Potensial Review Psikolog Jogja?

Tes psikologi ini bisa memakai beberapa alat psikotes sesuai dengan tujuan ukur yang meliputi :
  • Tes kemampuan umum dan khusus
  • Tes kepribadian
  • Tes pola kerja
  • Dan tes gaya kepemimpinan
Berbagai manfaat yang dapat diperoleh di bidang industri organisasi dari Test Potential Review ini diantaranya :
  • Mengetahui kompetensi tenaga kerja dalam hal aspek kemampuan, kepribadian, pola kerja serta gaya kepemimpinan.
  • Mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh tenaga kerja sehingga bisa dilakukan pengembangan.
  • Membuat perencanaan tenaga kerja untuk berbagai keperluan diantaranya mutasi, pindah jabatan, promosi, demosi, terminasi, program pelatihan, dan sebagainya.
  • Saran serta rekomendasi untuk perbaikan atau pengembangan tenaga kerja selanjutnya
  • Dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan kerja.
Dapatkan informasi lebih lengkap terkait Test Potential Review Psikolog di Jogja juga mengenai biaya serta jadwal layanan lain, silahkan menghubungi Biro Psikologi Laksita Educare melalui WhatsApp di 08170434500. Atau klik https://go.lei.my.id/wa untuk langsung terhubung dengan layanan pelanggan Biro Psikologi Laksita Educare. Dapatkan pengalaman ke psikolog Jogja yang menarik dan menyenangkan.

biro psikologi jogja