Bisakah Tes Masuk SD Online? Dapatkan Surat Keterangan Psikolog Profesional di Jogja!

Konten [Buka]

Tes masuk SD adalah rangkaian psikotes yang mempunyai tujuan utama sebagai pengukur tingkat kematangan sekaligus potensi dari anak untuk masuk Sekolah Dasar, guna mendapatkan surat keterangan psikolog rekomendasi masuk SD. Tes kesiapan masuk Sekolah Dasar ini dapat dilakukan melalui tatap muka langsung ataupun secara online dengan video call. Ketika hasil tes sudah menunjukkan tingkat kematangan anak tersebut, diharapkan akan membantu dalam mempersiapkan mental guna mengikuti aktivitas belajar di Sekolah Dasar nantinya. 

Melalui surat keterangan rekomendasi psikolog jogja yang melampirkan hasil tes kesiapan masuk sekolah itu juga maka potensi serta hambatan yang dimiliki anak dapat diketahui. Informasi tersebut sangat diperlukan oleh pihak sekolah untuk membantu dalam mengembangkan kemampuan siswa.

Dengan dasar Permendikbud Nomor 14 tahun 2018, yang menyebutkan bahwa usia minimal untuk masuk Sekolah Dasar adalah 6 tahun. Walaupun demikian, apabila anak-anak yang belum mencapai usia 6 tahun, namun para orangtua sudah ingin mendaftarkannya ke jenjang SD, maka kondisi ini bisa saja terjadi apabila anak tersebut memang memiliki kematangan dan kemampuan akademik yang menunjang. Karena itu orangtua perlu membuktikan dengan adanya surat keterangan psikolog profesional sebagai rekomendasi masuk SD (Haryadi, 2018 dalam http://www.tribunnews.com). Surat keterangan rekomendasi dari psikolog ini dibutuhkan supaya orangtua dan pihak sekolah sudah mengetahui bahwa anak tersebut mampu dan siap untuk mengikuti pendidikan di jenjang SD.

Apa Manfaat Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar?

Dengan mengacu pada peraturan bahwa usia masuk Sekolah Dasar adalah minimal 6 tahun serta belum terlalu dituntut untuk memiliki kemampuan baca dan tulis. Namun dalam faktanya terdapat banyak Sekolah Dasar yang mengharapkan calon siswa yang akan masuk ke SD telah mampu membaca atau menulis. Secara umum sebenarnya anak sudah mampu mengembangkan motorik halusnya sebagai pendukung kemampuan menulisnya. Selain itu pada umumnya kemampuan kognitif anak di usia tersebut sudah siap untuk menerima materi berupa pengenalan rangkaian huruf.

Dalam usia menjelang masuk sekolah dasar diharapkan anak sudah mampu memahami ketika diajarkan tentang angka atau huruf. Begitu pula dalam tahap selanjutnya akan mampu belajar membaca huruf serta rangkaian kata sekalipun sederhana. Hal ini yang kemudian menjadikan banyak Sekolah Dasar yang memberikan berupa tes membaca, menulis dan berhitung ketika mulai masuk mendaftar. Walaupun begitu sebaiknya tes tersebut tidak menjadi sebuah seleksi ketat, dan sebatas untuk mengetahui sejauh apa kemampuan calon siswa dalam mengenali angka dan huruf. Pertimbangan seperti inilah yang kemudian menjadi diperlukan untuk melakukan Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar baik secara offline maupun online.

Tes Kesiapan Masuk SD dan Surat Rekomendasi Psikolog Profesional

Apakah Tujuan Tes Kesiapan Masuk SD?

Kemampuan yang dibutuhkan anak dalam mengikuti pelajaran tingkat Sekolah Dasar pada dasarnya tidaklah terlalu rumit. Pada umumnya ketika anak sudah berada pada usia yang mencukupi maka mereka sudah memiliki kemampuan dan keinginan untuk eksplorasi lingkungan yang lebih luas serta kesadaran untuk patuh pada aturan. Selain hal tersebut jika anak sudah terbiasa mengikuti kegiatan belajar, atau telah memperlihatkan minat untuk mempelajari berbagai hal baru, maka hal tersebut juga bisa dijadikan salah satu tanda bahwa anak siap jika nantinya akan mengikuti kegiatan belajar di SD. Namun sebaliknya jika anak masih kurang menunjukkan keinginan dalam belajar maka akan memperlihatkan hal yang berbeda.

Bagaimana dengan anak yang berusia dibawah ketentuan minimal ?

Ada banyak sekali orang tua yang telah berniat untu memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar sekalipun belum berusia 7 tahun sebagai usia yang direkomendasikan. Hal tersebut diperbolehkan untuk mendaftarkan anak dengan usia dibawah ketentuan dengan catatan orang tua anak tersebut membawa surat keterangan rekomendasi psikolog untuk masuk SD.

Surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD buat apa?

Surat keterangan psikolog untuk rekomendasi masuk SD, merupakan keterangan yang melampirkan hasil tes kesiapan masuk SD yang menunjukkan kemampuan anak jika nantinya mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar. Dalam surat rekomendasi psikolog ini dapat memperlihatkan beberapa faktor kesiapan anak. Di samping dari faktor usia serta kematangan mental, kemampuan intelektual juga berpengaruh dalam menentukan apakah anak tersebut siap untuk sekolah di tingkat SD atau belum. Apabila anak mempunyai potensi kecerdasan dengan tingkat yang sangat baik, maka secara intelektual anak tersebut bisa direkomendasikan untu mengikuti kegiatan belajar Sekolah Dasar.

Ada juga sebagian anak yang sebenarnya memiliki tingkat kecerdasan yang cukup baik namun terdapat beberapa hal yang harus sangat diperhatikan apabila usia mereka masih dibawah usia yang secara mental umumnya telah matang dalam mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar dalam hal ini 7 tahun.

Ketika berada pada usia dibawah 6 tahun secara umum anak belum siap mengikuti kegiatan terstruktur dengan aturan yang cukup tegas. Jika anak belum siap dengan hal ini maka bisa berpengaruh pada suasana hati dan semangat dalam mengikuti pelajaran.

Pada usia 6 tahun, aktivitas bermain masih cukup mendominasi dalam keseharian anak. Sehingga jika harus menjalani kegiatan yang terstruktur dengan porsi bermain yang berkurang maka dapat mempengaruhi pada minat belajarnya.

Anak dengan usia dibawah 6 tahun pada umumnya masih kurang mampu fokus dengan satu aktifitas dalam jangka waktu lebih panjang, yang akan berpotensi membuat anak cepat menjadi bosan.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas maka Tes Kesiapan Masuk SD akan disajikan dengan terdiri dari dua tes antara laiun tes kecerdasan dan tes kematangan yang akan mengukur 10 aspek penting.

Jika dari pengukuran 10 aspek tersebut menunjukkan hasil yang baik, maka anak dapat dinyatakan telah siap untuk masuk Sekolah Dasar sekalipun dibawah usia yang ditentukan. Hasil semua pengukuran tersebut akan tercantum dalam laporan hasil Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar berupa keterangan Surat Rekomendasi Psikolog Profesional jika anak masuk Sekolah Dasar dengan usia di bawah ketentuan.

Berapa Biaya Tes Masuk SD Online dan Onsite?

Biaya Tes Masuk SD (Sekolah Dasar) adalah Rp 350.000 dengan durasi pelaksanaan tes lebih kurang memerlukan waktu berkisar 60 menit. Tes dapat dilakukan dengan tatap muka langsung ataupun melalui video call secara online.

Adakah Rekomendasi Tempat Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Terpecaya?

Setelah melalui tes kesiapan masuk Sekolah Dasar maka orang tua akan mendapatkan sebuah surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD yang berisi keterangan apakah anak tersebut memenuhi kriteria atau belum. Jika anda berada di wilayah DI Yogyakarta maka anda dapat menghubungi :

Biro Psikologi Jogja Laksita Educare
  • Whatsapp : 08170434500 (Disarankan)
  • Instagram : epsikologi
  • Facebook : fb.com/LaksitaEducare
  • Alamat : Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753 (Barat SMU Pangudi Luhur Sedayu)
biro psikologi jogja